
Biaya Servis Honda HR-V Hybrid Terbaru: Hemat atau Mahal?
Jakarta –
Bagi yang mencari mobil irit bahan bakar, Honda HR-V Hybrid bisa menjadi pilihan menarik. Berdasarkan pengujian internal Honda, mobil ini hanya membutuhkan 1 liter bensin untuk menempuh jarak 25,5 km. Dengan kapasitas tangki penuh, jarak tempuhnya bisa mencapai 1.000 km.
Selain efisiensi bahan bakar yang mengesankan, harga jualnya juga lebih terjangkau berkat insentif pemerintah untuk mobil hybrid produksi lokal. Varian termahal HR-V Hybrid dibanderol Rp 488 juta, jauh lebih murah dibandingkan versi turbo RS sebelumnya yang harganya mencapai Rp 540 juta.
Lantas, berapa biaya perawatan rutinnya? Servis berkala untuk periode 6 bulan atau 10.000 km hingga 30 bulan atau 50.000 km masih gratis. Baru setelah itu, pemilik akan dikenakan biaya servis sesuai periode perawatan.
Biaya Jasa Servis Berkala Honda HR-V Hybrid
Biaya jasa servis mulai berlaku pada perawatan 36 bulan atau 60.000 km sebesar Rp 992 ribu. Setiap enam bulan berikutnya, biaya servis bervariasi. Berikut rinciannya:
- 36 bulan atau 60.000 km: Rp 992 ribu
- 42 bulan atau 70.000 km: Rp 724 ribu
- 48 bulan atau 80.000 km: Rp 938 ribu
- 54 bulan atau 90.000 km: Rp 724 ribu
- 60 bulan atau 100.000 km: Rp 1.046.000
- 66 bulan atau 110.000 km: Rp 724 ribu
- 72 bulan atau 120.000 km: Rp 992 ribu
- 78 bulan atau 130.000 km: Rp 724 ribu
- 84 bulan atau 140.000 km: Rp 831 ribu
- 90 bulan atau 150.000 km: Rp 1,26 juta
Biaya Sparepart Honda HR-V Hybrid
Selain biaya jasa, pengeluaran servis juga mencakup sparepart dengan rincian berikut:
6 bulan atau 10.000 km: Rp 659.340
12 bulan atau 20.000 km: Rp 708.180
18 bulan atau 30.000 km: Rp 1.040.070
24 bulan atau 40.000 km: Rp 907.980
30 bulan atau 50.000 km: Rp 659.340
36 bulan atau 60.000 km: Rp 1.188.810
42 bulan atau 70.000 km: Rp 659.340
48 bulan atau 80.000 km: Rp 907.980
54 bulan atau 90.000 km: Rp 1.040.070
60 bulan atau 100.000 km: Rp 1.906.980
Spesifikasi Honda HR-V Hybrid
Perlu diperhatikan, biaya sparepart bisa berubah jika ada penggantian komponen di luar masa pakai. Sebagai informasi tambahan, HR-V Hybrid terbaru mengusung mesin 1.5L DOHC I-VTEC (Hybrid) dengan tenaga 106 PS pada 6.000-6.400 rpm dan torsi 127 Nm @ 4.500-5.000 rpm. Sementara motor listriknya menghasilkan 131 PS dan torsi 253 Nm.
Varian e:HEV ini dilengkapi logo hybrid sebagai penanda teknologi elektrifikasi. Sistemnya dikendalikan secara otomatis melalui Electronic CVT, Power Control Unit, dan Intelligent Power Unit, memungkinkan peralihan mulus antara tiga mode berkendara: EV Drive, Hybrid Drive, dan Engine Drive sesuai kondisi jalan.
Berbeda dengan sistem hybrid konvensional, e:HEV mengadopsi pendekatan “electric-first”, di mana motor listrik menjadi sumber tenaga utama. Mesin bensin baru aktif saat kecepatan tinggi atau kondisi stabil, memaksimalkan efisiensi bahan bakar tanpa mengorbankan performa berkendara.