Booth RI Jadi Primadona Buyer Global di Pameran Fesyen Turki

Istanbul – Tujuh merek fashion asal Indonesia berhasil menyita perhatian di ajang bergengsi Istanbul Fashion Connection (IFCO) 2025, pameran busana siap pakai terbesar di Eropa. Digelar pada 20-22 Agustus di Istanbul, Turki, booth Indonesia menjadi salah satu yang paling ramai dikunjungi pembeli dan pecinta mode internasional.

Pantauan detikcom di lokasi pada Kamis (21/8/2025), stan yang menampilkan karya tujuh desainer tanah air ini terus dipadati pengunjung. Para pembeli dari berbagai negara, mulai dari Timur Tengah, Eropa, hingga Amerika, terlihat antusias memeriksa koleksi, merasakan tekstur kain, hingga berdiskusi langsung dengan para desainer. Tak sedikit yang langsung meminta katalog, kartu nama, atau bahkan menjadwalkan pertemuan bisnis.

“Booth Indonesia termasuk yang paling ramai. Pembelinya tidak hanya dari Turki, tapi juga Timur Tengah, Eropa, dan Amerika. Mereka tertarik karena produk kita berbasis handmade dan UMKM, bukan produksi massal,” ujar Ketua Dewan Industri Kreatif Syariah Indonesia, Ali Charisma, Jumat (22/8/2025).

Ketujuh merek yang dibawa Bank Indonesia ke IFCO 2025 adalah Althafunnisa by Karina, Anfiha, Dama Kara, Deden Siswanto, EIWA, Reborn29, dan Silla Dawilah. Masing-masing menampilkan ciri khas unik, mulai dari desain etnik modern hingga penggunaan material ramah lingkungan.

IFCO Turki
Booth Indonesia Curi Perhatian di Ajang Fesyen Turki Foto: Fadhly Fauzi Rachman

Minat pembeli ternyata sangat tinggi terhadap konsep keberlanjutan dan budaya yang diusung desainer Indonesia. Produk-produk yang dipamerkan juga telah memenuhi standar kualitas internasional, dengan desain yang relevan untuk pasar global.

“Responsnya luar biasa. Kami dapat banyak pembeli dari Amerika, Timur Tengah, Istanbul, hingga Eropa. Ini membuktikan produk Indonesia bisa diterima di pasar global,” kata Founder Dama Kara, Nurdini Prihastiti.

“Melalui ajang ini, kami menyadari bahwa pasar fashion di luar negeri sangat besar, dan permintaannya sangat menjanjikan,” tambahnya.

Keikutsertaan Indonesia dalam IFCO 2025 merupakan bagian dari inisiatif Indonesia International Modest Fashion Festival (IN2MOTIONFEST), hasil kolaborasi Bank Indonesia, KNEKS, dan komunitas desainer lokal untuk memperluas ekspor fashion muslim ke kancah internasional.

“Dama Kara adalah mitra binaan Bank Indonesia di bawah IKRA. Kami mendapat banyak pelatihan, pendampingan, dan seleksi hingga akhirnya dinilai cocok untuk pasar Istanbul dan ajang IFCO ini,” jelas Nurdini yang akrab disapa Dini.

Selain pameran, para desainer juga tampil dalam sesi fashion show dan forum bisnis yang menghubungkan mereka dengan pembeli potensial dari berbagai negara.

IFCO Turki
Booth Indonesia Curi Perhatian di Ajang Fesyen Turki Foto: Fadhly Fauzi Rachman

Previous post KAI Berduka Atas Tragedi Kecelakaan di Sumatera Barat, Ini Responsnya
Next post 4 Penculik Kacab Bank Jakarta Ditangkap Polisi, Lihat Ekspresi Mereka yang Tertunduk Malu!