Italia Rancang Jembatan Gantung Terpanjang di Dunia untuk Geser Dominasi China

Roma Beri Lampu Hijau untuk Proyek Jembatan Gantung Terpanjang di Dunia

Pemerintah Italia akhirnya menyetujui pembangunan jembatan gantung terpanjang di dunia, yang akan menghubungkan Pulau Sisilia dengan daratan Calabria. Proyek ambisius ini dinilai sebagai terobosan infrastruktur yang mampu menghadapi tantangan alam, termasuk aktivitas seismik dan angin kencang di kawasan Mediterania.

Menurut laporan BBC (7/8/2025), jembatan ini dirancang untuk tahan gempa dan badai, dengan nilai proyek mencapai USD 15,6 miliar. Ini merupakan upaya terbaru dalam serangkaian rencana pembangunan Jembatan Messina, yang sebelumnya gagal akibat isu biaya, dampak lingkungan, keamanan, dan kekhawatiran intervensi mafia.

Perdana Menteri Giorgia Meloni mengakui kompleksitas proyek ini tetapi menegaskan bahwa ini adalah investasi jangka panjang bagi Italia. “Kami menyambut tantangan sulit selama itu masuk akal,” ujarnya.

Jembatan ini akan membentang sepanjang 3,3 km, didukung dua menara setinggi 400 meter, serta dilengkapi dua jalur kereta api dan enam jalur kendaraan. Menteri Perhubungan Matteo Salvini optimistis proyek akan selesai antara 2032–2033, menciptakan 120.000 lapangan kerja per tahun dan mendorong ekonomi Sisilia-Calabria—dua wilayah termiskin di Eropa.

Namun, proyek ini masih memerlukan persetujuan dari Badan Pemeriksa Keuangan dan lembaga lingkungan Italia maupun Uni Eropa. Sejumlah pihak menentang dengan alasan kerusakan ekologis dan pemborosan anggaran, terutama karena kedua wilayah itu sering mengalami kekeringan. Saat ini, kereta api hanya bisa menyeberang via feri dengan waktu tempuh 30 menit.

Proyek Lama yang Dibangkitkan Lagi

Rencana Jembatan Messina sebenarnya sudah ada sejak 50 tahun lalu. Pada 2006, konsorsium Eurolink pimpinan Webuild sempat memenangkan tender, tetapi proyek batal akibat krisis utang Eropa. Kini, mereka kembali ditunjuk sebagai kontraktor.

Pemerintah Italia juga memiliki insentif baru: mengalokasikan biaya jembatan sebagai belanja pertahanan. Sebagai anggota NATO, Italia berkomitmen meningkatkan anggaran pertahanan hingga 5% dari PDB, dengan 1,5% dialokasikan untuk infrastruktur strategis seperti ini—mengingat Sisilia menjadi lokasi pangkalan NATO.

Jika Sukses Dibangun, Kalahkan Jembatan Gantung China

Saat ini, rekor jembatan gantung tertinggi dipegang oleh Huajiang Grand Canyon Bridge di China, dengan panjang 2,9 km dan menara setinggi 227 meter. Jika Jembatan Messina rampung dengan panjang 3,3 km, Italia akan merebut gelar jembatan gantung terpanjang di dunia.

Previous post “Jepang Terbakar! Suhu Ekstrem Capai 41,8°C, Gelombang Panas Tak Berhenti”
Next post Viktor Axelsen Kagetkan Dunia: Mundur dari Kejuaraan Dunia Badminton 2025!